Friday, January 20, 2017

Cara Membuat Hotspot Wifi Menggunakan CMD

Salam Bloger..mungkin ada dari kalian yang kesulitan mencari aplikasi untuk laptop/komputer yang bisa membagikan hotspot, pas waktu dapat eh aplikasinya berat waktu dijalankan.. hee, klo ada berarti kita pernah mengalami hal yang sama 😄


untuk mengatasi permasalahan itu kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya membuat koneksi hotspot di laptop / notebook dengan menggunakan Command Promt

Peralatan :
~ Modem sebagai koneksi internet yang akan dibagikan
~ jika tidak mempunyai modem bisa menggunakan hotspot dari hp teman kalian sebagai pengganti koneksi internet dari modem. caranya : * koneksikan dulu laptop / notebook kalian dengan hotspot dari HP teman kalian, dan selanjutnya ikuti langkah2 berikutnya yang akan saya jelaskan. *
~ Secangkir Kopi (untuk jaga-jaga kalo haus dan supaya anda tidak ngantuk.. hehe)

Okey, mari kita mulai cara membuat Wifi menggunakan Command Promt :

1. Buka windows start up, dan ketikan CMD, setelah itu klik kanan dan Run as administrator, seperti gambar dibawah ini




2.  Ketikkan "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=koneksi key=123456aaa " Tanpa tanda petik". 

Penjelasan:
~ ssid=koneksi : ini adalah coding untuk menentukan nama dari Hotspot yang akan kita buat. anda bisa mengganti kata koneksi dengan nama wifi yang anda inginkan.

~ key=123456aaa : ini coding untuk menentukan password dari wifi yang anda buat. password minimal 8 digit, untuk keamanan anda lebih baik gabungkan angka dengan huruf. ganti kata 123456aaa dengan kata sandi yg anda inginkan.




3. Jika sudah, tekan Enter, Jika Tampil kata-kata seperti gambar dibawah ini, maka proses pembuatan Wifi di laptop/notebook kalian sudah ber hasil. jika tampilan tidak seperti gambar di bawah ini berarti ada kesalahan dalam penulisan Coding / anda lupa Run as Administrator.



4. Selanjutnya untuk mengaktifkan wifi yang telah kita buat tadi, ketikan coding berikut ini " netsh wlan start hostednetwork". jika tampilan seperti dibawah ini maka Wifi sdh aktif anda bisa cek melalui hp apakah nama wifi yang sudah anda buat tadi sudah muncul.



5. Hotspot di Laptop / Notebook anda memang sudah aktif, tapi tidak ada data internet nya di dalam wifi yang anda buat. nah untuk membagikan data internet di dalam hotspot yang sudah anda buat  "Klik kanan ikon wifi di laptop / notebook, dan pilih Open Network and Sharing Center"



6. Pilih Change adapter settings



7. pilih koneksi yang akan anda bagikan, jika anda menggunakan wifi maka klik dua kali di Wireless Network Connection ( yang berlingkar merah ) tapi jika anda menggunakan koneksi modem maka klik 2x di nama APN koneksi moodem anda.. kalau nama APN modem saya internet ( yang berlingkar kuning )  .



8.  klik Properties, pilih bagian Sharing, beri ceklist  pada Allow other network users to through this computer's internet connection  selanjutnya pada combo box Home networking connection: pilih nama virtual Hotspot dari notebook. kalau nama dari virtual Hotspot di laptop saya adalah Lenovo Easyplus Hotspot. selanjutnya pilih OK



9. Done...  data internet sdh terhubung dengan hotspot yang anda buat tadi.. sekarang anda bisa browsing menggunakan Hotspot yg sudah anda buat tadi.. berikan komentar jika anda mengalami kesulitan.



2 Comments

makasih bro sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat,dan membantu sekali

sama" gan, senang bisa bermanfaat :)


EmoticonEmoticon