Monday, March 23, 2020

Tutorial Cara Membuat koneksi database SQL menggunakan Dreamweaver CS6

Apakabar Sobat Fatra Code semua, semoga sehat selalu ya..


Tutorial kali ini, sebenarnya adalah lanjutan tutorial sebelumnya, karena dalam sebuah proses pembuatan sebuah project web pada Dreamweaver terlebih dahulu kita harus membuat Site kemudian langkah selanjutnya barulah membuat koneksi ke database.

Adapun tahapan atau langkah-langkah dalam membuat koneksi database SQL pada Dreamweaver adalah sebagai berikut:

1. jika tidak ada menu pada menu "Database" di tampilan awal disisi kanan, maka anda bisa membukanya pada menu atas "Window->Database" atau menggunakan shortcut (Ctrl+Shift+F10)


2. Buat Sebuah file php File->New.. (Ctrl+N), saya contohkan dengan file index.php (menu database tidak akan aktif folder sebuah project kosong, maka kita buat sebuah file php untuk membuat menu tersebut aktif)


3.  Pilih Blank Page->Page Type: HTML->Layout: <None>->Create




4. Pada Menu Database disebelah kanan layar, Klik ikon "+"  dan klik "MySQL Connection"


4.  pada bagian MySQL Connection, 
Connection Name :  (nama ini akan menjadi nama file dari koding koneksi yang akan kita buat), 
MySQL server:
User name:
Password: (Kosongkan Saja), pada bagian Database klik tombol dan pilih database yang sudah anda buat pada Xammp, database yang telah saya buat adalah latihan1. Selanjutnya Klik tombol "OK". jika ada muncul pemberitahuan klik saja ok.


5.  Selesai, Jika Semua Proses sudah dilakukan maka tampilan akhir akan seperti gambar dibawah ini, pada menu database akan muncul sebuah  file bernama "koneksi" dan dalam folder project C:\xampp\htdocs\(folder project) akan ada sebuah folder bernama Connections dan didalamnya terdapat file php dengan nama koneksi.php



Sekian Tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat, jika terdapat masalah atau error silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon